Cara Wudhu Saat Puasa

Pengertian Wudhu

Wudhu adalah suatu tindakan membersihkan anggota tubuh yang wajib dilakukan sebelum melaksanakan ibadah sholat. Wudhu ini juga dianjurkan untuk dilakukan ketika hendak membaca Al-Quran, dakwah, mengunjungi makam, dan lain-lain.

Ketentuan Wudhu Saat Puasa

Ketentuan wudhu saat puasa tidak berbeda dengan ketentuan wudhu pada umumnya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan wudhu saat puasa. Salah satunya adalah, kita tidak boleh menelan air saat berkumur dan mencuci mulut.

Langkah-langkah Wudhu Saat Puasa

1. Membaca Niat Wudhu

Sebelum memulai wudhu, bacalah niat wudhu terlebih dahulu dengan hati yang khusyuk. Misalnya, “Aku niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil, memperbaiki ibadahku, dan memperoleh rida Allah SWT”.

2. Mencuci Tangan Kanan dan Kiri

Pertama-tama, basuhlah tangan kanan sebanyak tiga kali, kemudian ganti dengan tangan kiri dan lakukan hal yang sama.

3. Berkumur dan Mencuci Mulut

Celupkanlah kedua telapak tangan ke dalam air dan ambil sejumlah air untuk berkumur. Setelah itu, masukkanlah air ke dalam mulut dan berkumurlah sebanyak tiga kali. Jangan lupa untuk tidak menelan air saat berkumur dan mencuci mulut.

4. Membasuh Wajah

Selanjutnya, basuhlah wajah sebanyak tiga kali dengan air yang mengalir dari atas kepala hingga menutupi seluruh bagian wajah. Pastikan tidak ada yang terlewatkan.

5. Membasuh Tangan dan Lengan Kanan dan Kiri

Basuhlah tangan dan lengan kanan sebanyak tiga kali, kemudian lakukan hal yang sama pada tangan dan lengan kiri. Pastikan air mengalir hingga ke sela-sela jari.

6. Mengusap Kepala

Mulailah dengan mengusap kepala sebanyak satu kali dengan air yang masih tersisa di tangan. Usaplah dengan menggunakan telapak tangan kanan dari depan kepala hingga ke belakang dan kembali ke depan. Pastikan kepala terkena air.

7. Mengusap Telinga

Selanjutnya, usaplah telinga bagian dalam dan luar sebanyak satu kali menggunakan ujung jari telunjuk dan ibu jari.

8. Membasuh Kaki Kanan dan Kiri

Basuhlah kaki kanan sebanyak tiga kali, kemudian lakukan hal yang sama dengan kaki kiri. Pastikan air mengalir hingga ke sela-sela jari.

9. Membaca Doa Sesudah Wudhu

Setelah selesai berwudhu, bacalah doa sesudah wudhu dengan hati yang khusyuk. Misalnya, “Ashhadu anna laa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariika lah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuu wa rasuuluh”.

Kesimpulan

Demikianlah cara wudhu saat puasa yang perlu kita ketahui bersama. Semoga dengan melakukan wudhu dengan benar, kita dapat meningkatkan kualitas ibadah kita. Marilah kita rajin beribadah dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Originally posted 2021-05-13 02:41:00.