Tata Cara Wudhu dari Awal Sampai Akhir

Pendahuluan

Wudhu adalah salah satu kewajiban dalam agama Islam yang harus dilakukan sebelum melaksanakan shalat. Wudhu dilakukan untuk membersihkan diri dari kotoran dan najis kecil sekaligus sebagai tanda kesiapan untuk memulai ibadah. Berikut adalah tata cara wudhu yang benar.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai wudhu, pastikan bahan-bahan yang diperlukan sudah tersedia. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain air, wadah untuk menampung air, sabun, dan lap.

1. Niat Wudhu

Sebelum memulai wudhu, lakukanlah niat wudhu di dalam hati. Hal ini penting dilakukan agar wudhu yang dilakukan bisa diterima oleh Allah SWT.

2. Membasuh Kedua Tangan

Setelah melakukan niat wudhu, basuhlah tangan sebanyak tiga kali, mulai dari ujung jari hingga atas siku. Pastikan seluruh permukaan tangan terbasuh dengan bersih.

3. Berkumur-Kumur

Berikutnya, berkumur-kumurlah dengan mengambil air ke dalam mulut. Kocok-kocoklah air di dalam mulut selama beberapa saat, lalu keluarkan airnya.

4. Membasuh Hidung

Setelah berkumur-kumur, ambil air ke dalam tangan dan masukkan ke dalam hidung. Keluarkan air dari hidung dengan membungkukkan badan ke depan.

5. Membasuh Wajah

Membasuh wajah adalah langkah selanjutnya dalam tata cara wudhu. Basuhlah wajah sebanyak tiga kali, mulai dari atas dahi hingga bawah dagu. Pastikan seluruh permukaan wajah terbasuh dengan bersih.

6. Membasuh Tangan Kanan dan Kiri

Setelah membilas wajah, basuhlah tangan kanan sebanyak tiga kali, mulai dari ujung jari hingga siku. Lakukan hal yang sama pada tangan kiri.

7. Membasuh Kepala

Membasuh kepala adalah langkah selanjutnya dalam tata cara wudhu. Usaplah seluruh bagian kepala dengan basuhan tangan sebanyak satu kali.

8. Membasuh Telinga

Setelah membilas kepala, basuhlah telinga sebanyak satu kali. Gunakanlah jari telunjuk untuk membilas bagian dalam telinga dan jari kelingking untuk membilas bagian luar telinga.

9. Membasuh Kaki Kanan dan Kiri

Setelah membilas telinga, basuhlah kaki kanan sebanyak tiga kali, mulai dari jari kaki hingga atas mata kaki. Lakukan hal yang sama pada kaki kiri.

10. Menyapu Air ke Seluruh Tubuh

Setelah selesai melakukan wudhu, usapkan air ke seluruh tubuh bagian depan dan belakang. Hal ini dilakukan untuk membersihkan kotoran yang mungkin menempel pada tubuh.

11. Membaca Doa Sesudah Wudhu

Setelah selesai melakukan wudhu, baca lah doa sesudah wudhu. Doa ini dilakukan sebagai ungkapan syukur dan memohon permintaan agar amal wudhu yang dilakukan dapat diterima di sisi Allah SWT.

12. Membuang Air Sisa Wudhu

Pastikan seluruh air sisa wudhu dibuang ke tempat yang tepat, jangan membuangnya sembarangan.

13. Dilarang Bercakap-cakap saat Wudhu

Selama melakukan wudhu, hindari bercakap-cakap yang tidak penting. Hal ini dilakukan agar tidak mengganggu fokus dan konsentrasi dalam melakukan wudhu.

14. Rutin Melakukan Wudhu

Wudhu harus dilakukan secara rutin, terutama sebelum melaksanakan shalat. Hal ini dilakukan agar ibadah yang dilakukan lebih bersih dan lebih suci di sisi Allah SWT.

15. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Selain menjaga kebersihan diri, penting juga untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Pastikan tempat wudhu bersih dan tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

16. Menghindari Najis

Selama melakukan wudhu, pastikan kaki tidak mengenai tempat yang terkena najis. Hal ini dilakukan agar wudhu yang dilakukan tidak batal.

17. Tidak Mempercepat Waktu Wudhu

Dalam melakukan wudhu, jangan terburu-buru dan mempercepat waktu. Lakukanlah dengan santai dan sabar agar wudhu yang dilakukan benar-benar bersih dan suci di sisi Allah SWT.

18. Menjaga Perasaan

Selama melakukan wudhu, penting untuk menjaga perasaan dan hati agar tetap tenang dan sabar.

19. Kesimpulan

Wudhu adalah kewajiban dalam agama Islam yang harus dilakukan sebelum melaksanakan shalat. Wudhu dilakukan untuk membersihkan diri dari kotoran dan najis kecil sekaligus sebagai tanda kesiapan untuk memulai ibadah. Berikut adalah tata cara wudhu yang benar.

20. Doa Sesudah Wudhu

Allahummaj’alni minattawwabin waj’alni minal-mutathahhirin. Subhanakallahumma wa bihamdika asyhadu anna la ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik.

Originally posted 2021-06-24 01:15:00.